Mitos dan Fakta Seputar KOLESTEROL

15 11 2008

Mitos
Pada orang dengan kadar kolesterol tinggi jika berolahraga, diet dan dalam keadaan fit, berarti kadar kolesterol pasti baik

Fakta
Selain olahraga dan diet ada hal lain yang bisa mempengaruhi kadar kolesterol seperti berat badan, merokok, riwayat keluarga, umur dan jenis kelamin. Agar kolesterol tetap terkontrol dibutuhkan pola hidup sehat (diet dan berolahraga) serta kepatuhan minum obat, dll.

Mitos
Kadar kolesterol yang tinggi hanya pada orang tua saja yang proses metabolismenya sudah menurun

Fakta
Kolesterol tinggi tidak hanya diderita oleh orang tua saja, bahkan usia anak-anak atau remaja pun bisa menderita hiperkolesterolmia. Pembentukan kerak/plak pada dinding pembuluh darah pernah dijumpai pada usia anak-anak dan kejadiannya meningkat seiring dengan pertambahan usia.

Mitos
Cukup dengan menghindari daging, santan, jeroan dan keju dalam makanan, maka kadar kolesterol pasti normal

Fakta
Belum tentu. Karena 80% dari kolesterol darah dihasilkan secara ‘endogen’. Bila metabolisme tubuh sudah memburuk, maka dibutuhkan obat untuk mengendalikan kadar kolesterol secara terus menerus (jangka panjang). Selain itu dibutuhkan pula modifikasi gaya hidup melalui diet dan olahraga.

Mitos
Kadar kolesterol yang tinggi dan penyakit kardiovaskuler hanya masalah pria

Fakta
Tidak benar. Walaupun di masa sebelum menopause wanita memproduksi estrogen yang dapat mengurangi resiko penyakit jantung, namun perlu dilihat juga faktor lain seperti adanya hiperkolesterol, hipertensi, diabetes, faktor keturunan, dll. Di seluruh dunia, sekitar 8,5 juta wanita meninggal setiap tahunnya akibat penyakit jantung.

Mitos
Jika setelah minum obat anti kolesterol, kadar kolesterol kita normal, maka obat tidak dibutuhkan lagi

Fakta
Belum tentu. karena 80% kolesterol darah dihasilkan oleh tubuh sendiri. Sehingga jika metabolisme seseorang sudah memburuk, dibutuhkan penggunaan obat jangka panjang (terus menerus) selain modifikasi pola hidup dengan diet dan olah raga.

Mitos
Jika dokter saya belum mengatakan apa-apa mengenai kolesterol, maka tidaklah perlu risau

Fakta
Karena tidak menimbulkan gejala, pemeriksaan kolesterol sering tidak dilakukan. Kesehatan anda adalah tanggungjawab anda sendiri. Pastikan anda secara rutin memeriksa kadar kolesterol anda termasuk kolesterol LDL (jahat), kolesterol HDL (baik), dan trigliserida.

Mitos
Orang gemuk memiliki kadar kolesterol lebih tinggi dibandingkan orang kurus

Fakta
Belum tentu karena kadar kolesterol dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk : apa yang anda makan, seberapa cepat tubuh anda memproduksi dan membuang kolesterol LDL yang jahat, tingkat kesehatan dan kebiasaan makan.

Mitos
Kadar kolesterol tinggi tidak berbahaya, karena tidak menimbulkan gejala

Fakta
Walaupun tidak bergejala, kolesterol tinggi berbahaya karena dapat merubah dinding pembuluh darah dan memicu penyakit jantung koroner. Sekitar 40 % kematian mendadak akibat serangan jantung disebabkan karena tingginya kadar kolesterol. Untuk itu kadar kolesterol anda harus dikontrol dengan baik.


Aksi

Information

2 responses

18 11 2008
Nyante Aza Lae

klo inget bahaya kolesterol…atuutt. Smg kita semua t’hindar deh dr kolesterol ini

21 11 2008
nun1k04a

Promosikan artikel anda di http://www.infogue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur http://www.infogue.com/info/cinema/& http://www.infogue.com/game_online & http://www.infogue.com/kamus untuk para netter Indonesia. Salam!
http://kesehatan.infogue.com/mitos_dan_fakta_seputar_kolesterol

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: