ALAT REPRODUKSI PRIA

5 11 2008

Mungkin anda seorang pria yang punya alat kelamin tapi ga tau bagian-bagiannya, nah disini dijelasin secara umum alat reproduksi pria yang hampir seluruhnya berada di luar seperti…

Alat Reproduksi Pria

Alat Reproduksi Pria

1. PENIS

Merupakan jaringan erektil yang berfungsi untuk :
-    Deposit sperma dalam hubungan seksual sehingga dapat ditampung sebelum senggama.
-    Sebagai alat penting dalam hubungan seks baik untuk kreasi dan prokreasi.
Struktur anatominya terdapat bagian yang disebut kapernous yang dapat membesarkan dan memberi ketegangan pada penis

2. TESTIS

Disebut juga buah zakar. Testis berada di luar yang dibungkus dengan skrotum yang longgar. Merupakan alat penting untuk membentuk hormon pria yaitu testosteron dan membentuk spermatozoa yaitu bibit dari pria dalam jumlah besar. Spermatozoa yang telah dibentuk disimpan pada saluran testis untuk  ditampungnya karena spermatozoa tidak tahan panas dan tidak tahan suhu terlalu dingin. Kulit skrotum yang longgar digunakan untuk mengatur suhu sehingga panas di sekitar spermatozoa relatif tetap.

3. EPIDIDIMIS

Merupakan saluran dengan panjang sekitar 45-50 cm, tempat bertumbuh dan berkembangnya spermatozoa sehingga siap untuk melakukan pembuahan.

4. KELENJAR PROSTAT

Merupakan pembentuk cairan yang akan bersama-sama keluar saat ejakulasi dalam hubungan seksual. Kelenjar ini berada dibagian dalam dan berfungsi membentuk cairan pendukung sperrmatozoa

5. VAS DEFERENS

Merupakan kelanjutan dari saluran Epididimis yang dapat diraba dari luar. Kontap (kontrasepsi mantap) pria dilakukan dengan memotong dan menutup saluran ini sehingga tidak mungkin, memberikan kehamilan .
Sistem hormonal pria yang kompleks sama dengan perempuan, tetapi terdapat perbedaan pada beberapa hal yaitu pada sistem hubungan pancaindera, pusat pubertas inhibitor, hipothalamus, hipofise, dan kelenjar testis. Melalui rangsangan pancaindera, diteruskan dalam sistem hipotalamus-hipofise-testis sehingga berangsur-angsur dapat menerima rangsangan. Hipotalamus mengeluarkan Homon Stimulating Gonadotropik melalui sistem portal, sehingga hipofise anterior mengeluarkan hormon Gonadotropin. Hormon Stimulating sel interstitial (ICSH) merangsang sel Leydig. Sekitar umur 13-14 tahun, terdapat perubahan suara sebagai tanda akil-balik dan mengeluarkan sperma saat tidur (mimpi basah / nochturnal orgasm). Pembentukan spermatozoa melalui proses spermatogenesis yang berasal dari sel Sertoli pada tubulus testis, merupakan mata rantai yang panjang. Sel Leydig yang berperan aktif sehingga akhirnya terbentuk dua spermatozoa X dan spermatozoa Y.

Bagi yang ga familier sama bahasa medis bingung juga ya… tapi jangan terlalu dipikirin, ini hanya sekedar tau aja.

About these ads

Aksi

Information

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: